Rabu, 19 Februari 2014

BOA

Melihat foto-foto ular langsung jatuh cinta pada ular albino. Tanpa pikir panjang langsung pergi ke toko hewan. Harga anak ular albino yang panjangnya baru sejengkal yang entah apa jenisnya ternyata cukup mahal sekitar 2 juta rupiah. Gilaa… akhirnya tak jadi membeli albino karena belum pernah memelihara ular dengan pertimbangan takut ular mati. Pulang ke rumah dengan seekor boa berwarna coklat. Boa ini panjangnya sejengkal, kata yang jual umurnya sekitar 2-3 bulan tapi belum diketahui jenis kelaminnya. Boa yang dibeli dengan harga 700 ribu ini cukup jinak, suka menjilat-jilat dan membelit di tangan mirip gelang karena ularnya masih kecil. Seperti ular lainnya boa juga suka bersembunyi ditempat gelap sehingga di akuarium tempat tinggalnya perlu diletakkan tempat minuman yang dibawahnya terdapat rongga untuk tempat bersembunyi. Boa ini makannya tikus putih, Tiap minggu diberi dua ekor tikus putih yang masih kecil. Pernah tikus lagi habis tidak ada yang jual, boa diberi hamster, dia keliatan susah menelannya. Ketika makan jangan sekali-sekali mengganggu atau memasukkan tangan ke akuarium. Pernah ketika memberi tikus, ular tidak keluar dari tempat persembunyiannya. Dengan maksud memberi tau ular, adekku menggeser tempat persembunyiannya, tiba-tiba ular langsung menggigit. Untung ularnya tidak berbisa. Tempat minum harus diisi air karena setelah makan biasanya boa suka minum. Airnya jangan diisi penuh takut ketika boa bersembunyi dibawahnya, air tumpah. Boa suka rumah yang kering sehingga didasar akuarium bisa diberi alas koran. Seminggu sekali akuarium dibersihkan dan koran diganti agar ular sehat. Ular juga harus dimandikan biasanya dengan shampoo bayi yang tidak pedih dimata. Setelah selesai memandikan ular jangan lupa dijemur di bawah sinar matahari dengan cara ular dibiarkan membelit di tangan agar ular lebih jinak.

Jangan bingung jika ular tidak mau makan sama sekali. Jika sakit seperti muntah atau diare berikan obat yang sama seperti obat manusia. Ular juga tidak mau makan jika ingin berganti kulit. Tanda-tanda ular akan berganti kulit yaitu warna mata dan warna kulit lebih gelap. Pada saat ini ular tidak mau makan sama sekali. Setelah ganti kulit ular akan kelaparan baru diberikan makan. Makin sering dikasih makan makin sering ular berganti kulit. Makin besar ular, tikus putih yang diberikan juga makin besar ukurannya. Karena itu ular biasanya diberi makan kalau ular sudah lapar saja. Tanda-tanda ular kelaparan yaitu ular yang biasanya diam jarang bergerak, suka bersembunyi, dan sering tidur tiba-tiba mengetuk kaca atau berputar-putar mengelilingi akuarium. Pernah boa lepas, ni ular pasti kelaparan, mengetuk kaca sepanjang malam. Besoknya ketika akan memberi makan ternyata ular tidak ada dibalik tempat air tempat dia biasa bersembunyi. Pintu atas akuarium juga tidak terkunci. Jangan-jangan ketika diketuk kunci atas bergeser. Sempat bingung sehingga bongkar-bongkar barang sampai rumah berserak tidak ketemu juga. Sejak itu pintu rumah tidak pernah dibuka takut ular ke rumah tetangga. Sebulan kemudian tiba-tiba terbangun tengah malam karena botol-botol parfum berjatuhan. Mungkin boa keluar karena kelaparan. Mau nangkap boa takut, mana tau ularnya jadi galak karena sebulan tidak makan. Boa ternyata bersembunyi dibalik lemari buku. Pantas aja tidak keliatan, laci penuh buku tapi boa masih bisa menyelip dibelakang buku. Akhirnya boa bisa ditangkap setelah matanya ditutup kain, di masukkan kembali ke akuarium dan atas akuarium diberi benda berat jadi kalau kunci terbuka tetap tidak bisa keluar. Setelah diberi tikus baru berani megang boa lagi. Makin sering dipegang ular makin jinak, makin jarang dipegang ular semakin liar. Umur setahun panjang boa sudah semeter. Kata yang jual paling panjang boa cuma satu setengah meter tapi diameternya yang membesar.

Ketika boa sudah satu meter adekku membeli ular lagi jenis dipong dengan panjang sejengkal. Lurik ular cukup cantik seperti batik tapi susah sekali merawatnya. Seminggu dipelihara dipong stres tidak mau makan. Seminggu kemudian sudah mau makan tapi selalu bersembunyi tidak mau dipegang. Boa jika dilepas mau berjalan-jalan dirumah walau akhirnya bersembunyi ditempat yang gelap. Dipong sama sekali tidak mau bergerak, tidak mau membelit ditangan, ya sudah jadinya dipong di dalam akuarium terus. Boa yang sering diajak JJS :) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar